Senin, 09 September 2013

PSIKOLOGI BELAJAR

A. PENGERTIAN BELAJAR
Belajar merupakan suatu proses multisegi yang sederhan dan sering kali dianggap biasa oleh individu sampai saatnya mereka mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas yang kompleks. Belajar melibatkan proses kognitif pada individu. Akan tetapi kapasitas belajarlah yang membedakan antara satu individu dengan individu lainnya karena hanya individu yang memiliki otak yang berkembang baik untuk melakukan tindakan yang bertujuan.

Belajar melibatkan tiga aspek dalam kognitif :

(1)  individu mempelajari penemuan, penciptaan, dan ide-ide dari masa lampau
(2) individu mampu mengembangkan pengetahuan mengenai tempat dan kejadian yang belum mereka alami
(3)  individu menyesuaikan lingkungan dengan diri mereka.

B. PERAN BELAJAR

Ternyata belajar memiliki peran yang penting dalam kehidupan sehari-hari kita, baik bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat. Berikut ini ada beberapa peran dari belajar.

 Pertama, bagi individu belajar merupakan pemerolehan kemampuan dan keterampilan, tentang menjalan kan peran di dunia, serta tentang sikap dan nilai. Kedua, bagi masyarakat , belajar adalah mempelajari tentang nilai, bahasa, dan perkembangan kultur yang diwariskan. Ketiga, orang yang belajar (learner) akan mengkonstruksikan makna untuk diri mereka sendiri.

C.  TEORI BELAJAR

Pada abad ke-20 teori pengkondisian klasik merupakan pendekatan teoritis pertama untuk studi belajar. Kemudian metode ini diikuti oleh dua perspektif lain yaitu : Koneksionisme Edward Thorndike , yang mengkaji pemilihan respon terhadap stimulus, dan Psikologi Gestalt , yang mengkaji tentang persepsi pemelajar terhadp problem visual. Sepanjang abd 20, para psikolog banyak mengembangkan teori belajar dan teori kognitif lainnya. Tidak ada teori tunggal yang menjelaskan mengenai semau hal tentang belajar. Karena masing-masing teori mendeskripsikan cirri tertentu dari belajar.

Apa Kriteria Untuk Teori Belajar ?

Secara umum ada tiga Kriteria oenting untuk setiap teori, yaitu : (a) seperangkat asumsi yang jelas tentang aspek belajar yang dibahas teori ; (b) defenisi yang jelas pada setiap istilah penting ; dan (c) prinsip spesifik yang diambil dari asumsi yang diuji melalui riset. Kriteria keempat, yang hanya berlaku untuk teori belajar , adalah teori harus menjelaskan dinamika psikologis dasar dari kejadian yang memengaruhi belajar.

D.  APA FUNGSI TEORI BELAJAR

Ada fungsi umum dan fungsi khusu yang berkaitan dengan belajar dan pembelajaran 

Fungsi umum yaitu :
·         Sebagai kerangka riset
·         Memberi kerangka organisasi untuk item-item informasi
·         Mengidentifikasi sifat dan peristiwa yang kompleks

·         Mereorganisasi pengalaman sebelumnya
·         Bertindak sebagai penjelasan kerja/proses daru peristiwa

Fungsi khusus, yaitu :
·         Sebagai pedoman perencanaan instruksi
·         Mengevaluasi produk untuk dipakai di kelas dan praktik belajar yang berlangsung
·         Mendiagnosa problem dalam instruksi di kelas
·         Mengevaluasi riset berdasarkan teori

SUMBER :  Gtedler, Margaret.E., 2011., Learning and instruction, teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana


Tidak ada komentar: