KONDISI BELAJAR ROBERT GAGNE
A. Prinsip Pembelajaran Efektif
Ada tiga prinsip pembelajaran efektif yang dikemukakan oleh Robert Gagne , yaitu :
(a) Memberikan pembelajaran mengenai seperangkat tugas-tugas komponen yang diarahkan untuk membangun tugas final.
(b) Memastikan bahwa setiap tugas komponen dikuasai.
(c) sekuensi tiga komponen untuk memastikan transfer yang optimal ke tugas final.
B. Asumsi Dasar Kondisi Belajar Gagne
ASUMSI
|
ALASAN
|
1. Belajar dan pertumbuhan tidak boleh disamakan satu
sama lain
|
1. Faktor-faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan ditentukan secara genetic, sedangkan belajar
ditentukan oleh lingkungan pemelajar.
|
2. Belajar adalah faktor kausal penting dalam
perkembangan individual
|
2. Model
yang diusulkan Arnold Gessel, bahwa pertumbuhan tubuh dan mental terkait
erat, adalah tidak akurat.
|
3. Banyak hasil belajar manusia digeneralisasikan ke
berbagai macam situasi
|
3. Belajar bukan gabungan
kepingan-kepingan informasi secara terpisah-pisah.
|
4. Belajar manusia adalah kumulatif , belajar
keterampilan yang kompleks didasarkan pada belajar sebelumnya.
|
4. Seseorang tidak
harus mempelajari seperangkat respons baru secara sekaligus.
|
5. Belajar bukan proses tunggal.
|
5. Model S-R dapat
menjelaskan bahwa terdapat asosiasi dalam proses belajar.
|
C. Lima Variasi Belajar Menurut Gagne
Kategori
Belajar
|
Kemampuan
|
Penampilan
|
Contoh
|
Informasi
verbal
|
Pengambilan
informasi yang tersimpan
|
Mengomunikasikan
informasi dengan berbagai cara.
|
Penyusunan
kalimat.
|
Keterampilan
intelektual
|
Memungkinkan individu untuk
merespons konseptualisasi lingkungan.
|
Berinteraksi dengan lingkungan
dengan menggunakan simbol
|
Membedakan antara merah dan biru,
menghitung luas segitiga.
|
Strategi
kognitif
|
Mengatur
pemikiran dan belajar dari pemelajar
|
Mengelola
ingatan, pemikiran, dan pemelajaran seseorang secara efisien
|
Menysusun
kartu catatan untuk menulis paper.
|
Keterampilan
motorik
|
Kapabilitas dan “rencana
eksekutif” untuk melakukan sekuensi gerakan fisik.
|
Mendemonstrasikan urutan fisik
atau tindakan
|
Mengikat tali sepatu
|
Sikap
|
Predisposisi
ke tindakan positif atau negative terhadap orang lain.
|
Memilih
tindakan personal terhadap atau menjauh dari objek, peristiwa, atau orang
|
Memilih mengunjungi
museum seni.
|
sumber :
- Gtedler, Margaret.E., 2011., Learning and instruction, teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar