Senin, 02 Desember 2013

KONDISI BELAJAR ROBERT GAGNE


A. Prinsip Pembelajaran Efektif

Ada tiga prinsip pembelajaran efektif yang dikemukakan oleh Robert Gagne , yaitu :
(a) Memberikan pembelajaran mengenai seperangkat tugas-tugas komponen yang diarahkan untuk membangun tugas final.
(b) Memastikan bahwa setiap tugas komponen dikuasai.
(c) sekuensi tiga komponen untuk memastikan transfer yang optimal ke tugas final.

B. Asumsi Dasar Kondisi Belajar Gagne


ASUMSI
ALASAN
1.      Belajar dan pertumbuhan tidak boleh disamakan satu sama lain
1.      Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ditentukan secara genetic, sedangkan belajar ditentukan oleh lingkungan pemelajar.
2.      Belajar adalah faktor kausal penting dalam perkembangan individual
2.  Model yang diusulkan Arnold Gessel, bahwa pertumbuhan tubuh dan mental terkait erat, adalah tidak akurat.
3.      Banyak hasil belajar manusia digeneralisasikan ke berbagai macam situasi
3. Belajar bukan gabungan kepingan-kepingan informasi secara terpisah-pisah.
4.      Belajar manusia adalah kumulatif , belajar keterampilan yang kompleks didasarkan pada belajar sebelumnya.
4. Seseorang tidak harus mempelajari seperangkat respons baru secara sekaligus.
5.      Belajar bukan proses tunggal.
5. Model S-R dapat menjelaskan bahwa terdapat asosiasi dalam proses belajar.


C. Lima Variasi Belajar Menurut Gagne


Kategori Belajar
Kemampuan
Penampilan
Contoh
Informasi verbal
Pengambilan informasi yang tersimpan
Mengomunikasikan informasi dengan berbagai cara.
Penyusunan kalimat.
Keterampilan intelektual
Memungkinkan individu untuk merespons konseptualisasi lingkungan.
Berinteraksi dengan lingkungan dengan menggunakan simbol
Membedakan antara merah dan biru, menghitung luas segitiga.
Strategi kognitif
Mengatur pemikiran dan belajar dari pemelajar
Mengelola ingatan, pemikiran, dan pemelajaran seseorang secara efisien
Menysusun kartu catatan untuk menulis paper.
Keterampilan motorik
Kapabilitas dan “rencana eksekutif” untuk melakukan sekuensi gerakan fisik.
Mendemonstrasikan urutan fisik atau tindakan
Mengikat tali sepatu
Sikap
Predisposisi ke tindakan positif atau negative terhadap orang lain.
Memilih tindakan personal terhadap atau menjauh dari objek, peristiwa, atau orang
Memilih mengunjungi museum seni.
  
sumber :
    • Gtedler, Margaret.E., 2011., Learning and instruction, teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana

Tidak ada komentar: