Senin, 04 Juni 2012

HASIL SURVEY

Hasil Survey Pendidikan Anak Usia Dini




Berdasarkan hasil survey yang saya lakukan dari tanggal 25 Mei sampai 4 Juni terdapat 59 responden. Responden merupakan mahasiswa fakultas Psikologi USU angkatan 2011 .Adapun deskiriptif dari hasil survey ini.

Sebanyak 91,53 % (54 orang ) setuju dengan pendapat bahwa pendidikan anak usia dini itu penting tetapi ada juga responden sebanyak 8,47 (5 org) yang memilih netral . Saya berpendapat bahwa bermain adalah pelajaran utama di PAUD, sebanyak 86,44% (51 org) yang setuju dengan pendapat tersebut.

Saya juga berpikir bahwa kualitas sekolah itu sangat berpengaruh dengan sistem pendidikannya. Oleh sebab itu, saya berpendapat bahwa sekolah yang baik menjamin mutu pendidikan . Pendapat tersebut memiliki variasi respon , yaitu : 77,97% (47 org) setuju, 16,95% (9 org) Netral , 5,08% (3 org) tidak setuju.

Seperti yang telah dipelajari , PAUD membantu ketiga aspek perkembangan (kognitif, fisisk, psikososial) anak usia dini untuk menjadi lebih baik. Saya membuat pernyataan  bahwa PAUD membantu perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial anak. 91,53% (54 org) Setuju dan 8,47% (5 org) memilih netral.

Saya melihat fenomena bahwa ada anak usia dini yang tidak mengikuti pendidikan anak usia dini. Faktor yang melatarbelakangi bervariasi, salah satunya ekonomi keluarga. Padahal dengan megikuti PAUD anak  kan berkembang lebih baik . Terkait dengan hal ini, saya berpendapat bahwa seorang anak pada usia dini harus mengikuti PAUD, 59 org menanggapi hal ini dengan rincian 37,29% Setuju (31 org) ,  54,24 % (31 org)  Netral, dan 8,47% (5 org) tidak setuju.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari 59 org mengenai pendidikan anak usia dini yaitu pendidikan anak usia dini itu sangat penting karena PAUD membantu dalam perkembangan fisik, kognitif, dna psikososial anak. Namun, perlu diingat bahwa bermain adalah pelajaran utama . Orang tua juga harus teliti dalam memilih sekolah. Diharapkan sekolah yang baik mampu menjamin sistem pendidikan di sekolah tsb. Namun dari hasil survey, banyak responden berpendapat anak usia dini tidak harus mengikuti PAUD.


Tidak ada komentar: